Berita PPID

PPID Kab. Banyuwangi mendapat 3 Penghargaan Nominasi di PPID Award Jatim 2019


Sobat PPID, --- PPID Kabupaten Banyuwangi kembali meraih penghargaan di Malam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Jawa Timur 2019 Pejabat dan Pengelola Informasi Daerah (PPID) Award 2019. Demikian dikatakan gubenur dalam sambutannya pada Malam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Jawa Timur 2019 di Novotel Samator Surabaya, Kamis (28/11) malam yang dibacakan Asisten I Setdaprov Jawa Timur, Himawan Estu Bagijo, Diharapkan kegiatan ini dapat memotivasi badan publik, baik tingkat provinsi, kabupaten/kota maupun pemerintahan desa, untuk terus berbenah dan progresif dalam mematuhi undang-undang keterbukaan informasi publik.

Dalam acara tersebut, PPID mendapat 3 penghargaan Nominasi di Malam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Jawa Timur 2019 Pejabat dan Pengelola Informasi Daerah (PPID) Award 2019, yaitu Sebagai Penyedia Informasi Berkala Terbaik Kab./Kota Se- Jawa Timur Tahun 2019, Sebagai Pendokumentasian Informasi Terbaik Kab./Kota Se- Jawa Timur Tahun 2019, dan Sebagai Badan Publik Menuju Informatif Kab./Kota Se- Jawa Timur Tahun 2019.

Kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) oleh komisi informasi merupakan sesuatu yang positif, dalam mengukur dan mengetahui tingkat kepatuhan badan publik terhadap undang-undang keterbukaan informasi publik (UU KIP). Dalam Uu No. 14 tahun 2008 tentang KIP, sangat jelas dan tegas mengatur hak dan kewajiban badan publik dalam menerapkan keterbukaan informasi publiknya. Maka tidak ada alasan lagi bagi badan publik baik Pemprov, kabupate/kota dan desa untuk tidak menjalankannya. Badan publik yang tidak menjalankan ketentuan UU KIP, menandakan bahwa badan publik tersebut belum hijrah dari era ketertutupan yang menjadi kebiasaan sebelum UU KIP ini lahir. Badan publik yang enggan mematuhi UU KIP, sesungguhnya telah melakukan pelanggaran terhadap UU.